Rabu, 24 Juni 2015

Daerahku

LINCAI BAHABIS




Tanah Bumbu terletak di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki ciri khas yang istimewa, yaitu Pesta Adat Mapparentasi. Pesta tersebut adalah sebuah upacara adat suku Bugis di pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu. Mapparentasi sering juga disebut dengan Pesta Pantai dimana Mappanre berarti memberi makan dan Tasi artinya laut. Upacara ini dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah hasil laut yang melimpah dan keselamatan saat menangkap ikan.




Upacara ini diadakan tiga minggu di bulan April dengan menghanyutkan sesajen. Sesajen tersebut berisi sesisir pisang Berengseng, nasi ketan warna hitam, kuning, putih, dan merah jambu yang dilengkapi dengan ayam dan pisang raja.



Prosesi Acara Adat Mapparentasi

Selain budayanya yang khas , Tanah Bumbu juga terkenal dengan wisatanya yang beraneka ragam. Salah satunya Pantai Sungai Cuka yang teletak di kecamatan Satui. Di pantai ini terdapat teluk yang bila ditarik garis lurus merupakan perbatasan antara Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut.






Sumber :
http://www.jhonlinmagz.com/pesta-adat-mapparentasi-legenda-hidup-kekayaan-budaya-tanah-bumbu/



Acara lincai bahabis adalah acara yang di adakan oleh bupati Tanah Bumbu yaitu Mardani H.Maming untuk memperingati hari jadi tanah bumbu yang ke-12. Acara tersebut di ikuti ribuan para trailer dari berbagai di daerah, karena track jalan dan hadiah yang membuat para trailer mengikuti acara “LINCAI BAHABIS”
Adapun untuk start dimulai di jalan kodeco KM 4 Desa Sarigadung dengan rute melalui desa manunggal, desa harapan maju desa danau indah, desa pacakandan finish di desa betung dengan jarak 125 kilometer.untuk hadiah utama panitia sudah menyiapkan 5 motor bebek.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar